Cara Menambah Memori Internal Samsung Galaxy Y GT-S5360

Memori internal galaxy young memang tidak terlalu besar. Bisa dikatakan terlalu kecil. Saya sendiri sebagai pengguna samsung galaxy young merasa tidak puas dengan memori internal nya yang hanya berkapasitas 180 mb. Secara, ponsel android kalau cuma mempunyai kapasitas 180mb, bisa buat apa? :D

Nah untuk mengatasi memori internal yang terlalu kecil tersebut, ternyata kita bisa melakukan partisi. Jadi, sebagian memori external kita, dijadikan sebagai memori internal.

Dan di post ini, saya akan memberikan cara menambah memori internal galaxy y atau cara partisi samsung galaxy y

Saya sarankan, untuk melakukan partisi ini, HP anda harus benar-benar bersih dan harus sudah di root. Jadi, Silahkan flash ulang kemudian langsung di root. ini Tutorialnya 

Kalau anda sudah melakukan kedua hal tersebut, sekarang kita lanjut ke tutorial cara partisi samsung galaxy y atau cara menambah menambah samsung galaxy y

Siapkan dulu bahan-bahan berikut ini :


[-] CWM

[-] Ext-s


[-] Card Reader

[-] Sdcard 4 gb / 8 gb / 16 gb (Disini saya menggunakan sdcard 8 gb). Disarankan untuk menggunakan sdcard yang class 10

Ok. Masukkan Kernel Final Repencis, CWM, dan Ext-s pada sdcard anda. Jangan dimasukkan kedalam folder apapun. jadi cukup dimasukkan disini sdcard\disini

Sekarang, kita akan install kernel final repencis dulu 
  1. Matikan ponsel anda
  2. Tekan tombol Power + Home + Vol. Atas
  3. Setelah anda masuk menu recovery, pilih Apply update from sdcard
  4. Pilih CWM_bla_bla.zip
  5. Setelah masuk menu CWM, piih Install zip from sdcard >> Choose zip from sdcard
  6. Pilih RV4-kernel7.final.zip (Kernel Final Repencis) >> Yes
  7. Jika sudah, silahkan reboot ponsel anda
Sekarang silahkan lihat ke menu Setting/Pengaturan >> About Phone. Pada bagian kernel version, disana akan nampak kernel yang barusan anda install yaitu Kernel Final Repencis.

Setelah install kernel, sekarang kita install Ext-s .
  1. Matikan ponsel anda
  2. Tekan tombol Power + Home + Vol. Atas
  3. Setelah anda masuk menu recovery, pilih Apply update from sdcard
  4. Pilih CWM_bla_bla.zip
  5. Setelah masuk menu CWM, piih Install zip from sdcard >> Choose zip from sdcard
  6. Pilih ext-s.zip >> Yes
  7. Reboot ponsel anda
Sekarang silahkan lihat di daftar menu ponsel anda. Kalau anda berhasil install ext-s.zip , akan ada aplikasi seperti gamar dibawah ini

Install Kernel sudah, Install ext-s juga sudah. Sekarang kita mulai proses partisinya

  1. Silahkan install MiniTool Partition Wizard Home Edition tersebut pada laptop/pc anda. Kalau sudah di install, langsung buka aplikasi tersebut. 
  2. Masukkan sdcard anda melalui CardReader ke laptop/pc
  3. Setelah sdcard anda terdeteksi oleh aplikasi MiniTool, klik kanan pada sdcard anda kemudian pilih Delete
  4. Jika sudah di Delete, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini
  5. Klik Kanan lalu pilih Create
  6. Sesuaikan dengan gambar dibawah ini. Klo sudah, silahkan klik OK
  7. Kalau sudah di OK, nanti akan terlihat seperti gambar dibawah ini
  8. Klik Kanan pada "Unallocated" lalu pilih Create. Kalau muncul notifikasi apapun, silahkan klik Yes.
  9. Sesuaikan dengan gambar dibawah ini. Klo sudah, silahkan klik OK
  10. Nanti tampilannya akan seperti gambar dibawah ini
  11. Sekarang, klik kanan lagi pada "Unallocated" kemudian pilih Create. Kalau muncul notifikasi apapun, silahkan klik Yes.
  12. Sesuaikan dengan gambar dibawah ini. Klo sudah, silahkan klik OK
  13. Sekarang silahkan klik Apply di menu pojok kiri atas >> Yes
  14. Tunggu proses nya.Nanti klo sudah akan ada notifikasi seperti ini

    Nah, sekarang sdcard anda telah dipartisi.

Sekarang kita mulai ke proses yang paling penting. Yaitu install script untuk partisi.
  1. Masukkan sdcard anda yang barusan telah dipartisi ke ponsel anda.
  2. Buka aplikasi Ext pada ponsel anda
  3. Pilih Remove All Methode (setelah anda klik remove all methode, ponsel anda akan reboot secara otomatis)
  4. Setelah reboot, buka aplikasi Ext lagi
  5. Pilih Install Amarullz (setelah anda klik Install Amarullz, ponsel anda akan reboot secara otomatis)
  6. Kalau sudah reboot, sekarang buka Task Manager >> Summary . Lihat perubahannya. Kalau berhasil, memori internal anda akan terlihat seperti gambar dibawah ini

Jadi, secara singkat langkah-langkah cara menambah memori internal samsung galaxy y atau langkah-langkahcara partisi samsung galaxy y adalah sebgai berikut
  1. Flash
  2. Root
  3. Install Kernel
  4. Install Ext-s
  5. Partisi Sdcard via pc
  6. Install script untuk partisi

Bagaimana? Apakah anda mengalami kesulitan? kalau anda mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar. Semoga post ini bermanfaat.



209 Comment

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 209   Newer›   Newest»

ma'af mas tanya...

ohya, kalo nanti semisal sd-cardnya di lepas apakah tidak mempengaruhi system?

mas panji kok saya gagal terus y instal Ext-s.zip na ??
tolong di beri penjelasan na TQ

hp saya Galaxy Y GT-S5260

pasti mempengaruhi system :) tapi sebelum itu di lakukakan alagkah baiknya di backup dulu file systemnya

Bos... koq pas sya plih remove all methode SuperUser Request langsung aktif ada pilihan Allow n Deny sya plih mana??? trus gak bisa tampil menu ext stlh sy plih allow or deny

Ia gan mhon infox sudh di instal ext-s x kok g tampil hp ane galaxy young n mohon pncrhanx aplikasi lain mungkin slsin ext-s yg bsa nmbah intrnal hp.thankz

Ia gan mhon infox sudh di instal ext-s x kok g tampil hp ane galaxy young n mohon pncrhanx aplikasi lain mungkin slsin ext-s yg bsa nmbah intrnal hp.thankz

maaf kakak kok setelah saya instal ext-s nya di menu recovery kok icon ext di hp kok gak muncul??padahal kan itu penting buat install script untuk partisi.

detail hp os : gingerbread tipe : galaxy y GT-S5360

tolong di balas kakak

mas mohon maaf nih kak setelah instal amarullz kan reboot otomatis setelah itu hp saya tidak selesai selesai reboot nya

contohin yG pke 4 gb doNk kaka...!!

itu bootlop gan, coba flash ulang HH agan

ane ga punya SD Card yang segitu gan >.< Beliin sini :P

di root dulu gan :) coba search google deh..

gan, kan samsung galaxy young punya ane udah di upgrade os jadi jelly bean. terus ingin ditambah memory internal juga kaya diatas. kira-kira bisa ga gan?

hehe sukses dan lancar di galyoung ane .thx

kalo jellybeannya asli gpp gan.. kalo udah ada theme" atau go launcher gitu ane saranin flash ulang HH agan baru tambahin memory internal agan :)

sama sama :D jangan lupa gan kabar kabarin temen sekalian berbagi ilmu itu juga banyak pahalanya :)
satu lagi gan.. trimakasih udah ngunjungin blog ane :)

Mas apakah benar itu tampilan samsung galaxy young?? ko tampilannya kaya galaxy chat?

coba gayoung lu upgrade ke Mini ROM TouchWiz UX Inspired v3 tampilannya ntar sama kek di atas :)

maaf gan mau nanya .. klo udah berhasil nambah memory internal seperti yg agan contohin di atas, trs si young pengen di upgrade ke jellybean bisa ga ? mksi sebelumnya gan ..

bisa gan :) kalo udah bisa jangan lupa bagi bagi ilmu ama yang lannya yah ^^

bang mau tanya, itu ukuran Kernel Final Repencis, CWM dan Ext-s masing masing brpa yaa ? kok pas di download semuanya ukurannya 304KB ??
Thx bang :)

Kok di hp saya ga ada aplikasi ext nya ya ? padahal sudah saya ikutin cara-caranya ..

gan saya mau nanya nih, ko pas saya buka ext manager terus saya klik Remove All Methode ga ke reboot yah ?
malah ada bacaan Ext manager has been granted superuser permissions yah ?

dibantu dong :)

MAKASIH .

itu loh gan kan di bawah tulisan "Download" ada centangan tuh, nah itu jgn di centang :)

coba cari di google. kadang kadang emang gitu gan ada yang pas ada yang engga :)

itu gan di super user di buka dulu jalannya, biasanya masih ke kunci jadinya engga bisa akses ke situ

gan saya udh ngeinstal RV4-kernel7.final.zip trus di reboot trus udh di reboot pas udh nyala kok error nyala mati nyala mati terus

Di bantu dong gan ;)

itu bootloop gan :( udah di backup belum make CWM? kalo belum Flash ulang HH agan kalo udah tinggal buka CWMnya terus di Restore deh :)

yeah memori internal gue jadi 2 gb.....

wesstt.. keren keren... ada acara makan makan ga neh? :P

gan gmana kalau ndak diflash?

maksutnya gmn? yang penting harus OS Awal HH Agan :)

..sama nih gan masalahnya Ext-s nya udah di install tapi kok gag muncul ya.
..penjelasannya kak

gan saya gk ngerti pas disini
Tekan tombol Power + Home + Vol. Atas
Setelah anda masuk menu recovery, pilih Apply update from sdcard

emang biasanya kek gitu gan.. coba cari yang lain di google kan banyak.. nah tu coba atu atu kali aja bisa

itu lo gan kan habis pencet power + home + vol atas secara bersamaan bakalan muncul tulisan berwarna merah tuh.. nah di situ lu pilih apply update from sdcard nah abis itu baru ke step selanjutnya

gan, kalo gagal terus sim gak kebaca sama hp trus pas restart cuma ada tulisan android habis itu baterainya langsung drop gan itu gimana buar sim nya kebaca sama batrainya gak drop
tolong banget gan

nahloh.? emang abis ngapain ente? paleng engga itu tuh cmn gagal doang ga ngaruh ke Sim card ama batre ente.. ane ga tau gan kalo yang itu ^^

gan kan superuser pemission muncul pas buka ext manager =="

pilih allow sama denny sama ajah, gk ngefek utk ngebuka ext manager..
ada solusi?

pas di flash gan saya susah pas d sini Hubungkan ponsel anda ke pc/laptop menggunakan kabel USB.kan udh di sambung tpi gk ngerespon dibantu gannn

gan!!knapa gan saat sya nyalain hp malah ada suara anehh habis itu ngerestart lgi ditunggu lgi nyala habis itu ada suara aenh lgi dari hape!!knapa tuh ya gan???tolong dijawab

sorry gan,, mau tnya..
stlh kita melakukan smua tutor d atas mulai dr flash,, ampe akhir finishny ada efek negativeny gak k hape qt??

gini lo gan.. lu ngulang dari no 1 kan? yang flash itu? kalo hpnya masi cosrom awal kaga usah di flash segala -_- ( logikanya di pake gan )

Idup ngerstart idup ngerestart ya gan? itu mah stockromnya ga cocok ganti stockrom yang lain gan ( yang cocok buat HH agan )

gini gan.. kalo HH agan masih di ROM awal ga usah di flash langsung aja setelah Root..
kalo saya sendiri prakteknya cuman SDcardnya ga kebaca gan terus ane coba dan coba lagi ternyata ane cmn salah sedikit di partisi tapi kalo yang lain ane ga tau

gan ni HH ane galaxy young GT-S5360 hbis nginstal kernel seperti tutor di atas tu sudah complete.. pas ane reboot kok layar cmn item doank..?? sudah ulang restart tetap layar hitem gan..
mohon penjelasannya gan

gan itu pakek memoty 2gb bisa ga ... ?? moohon bales

Mau tanya dong gan, SD card ane 4Gb tapi class 6, itu gak kenapa napa kan?
terus kan hape udah direboot udah lama, dan belum diapa-apain. saya juga kudet gan .___. gak ngerti itu reboot buat apaan .-. mohon penjelasannya. Makasih :)

kalo sd cardnya pake yang 8gb class 4 bisa gak??
kelemahannya apa tuh kalo habis di gituin??

wah kalo sd cardnya class 6 ntar lag sist.. rebot itu ngerestart sist..

bisa si bisa tapi ntar ngelag gan >.<

gan samsung ane kan udah di upgrade ke jelly blast v3, nah yg di maksud di FLAS itu di apain si ?? mohon di jawab gan

Flash itu sama aja install ulang gan :)

kembali ke OS pabrik lagi ya gan ?

gan, kalo gak reboot padahal udah dipencet remove all methodenya gimana ya gan? SUnya udah di allow/deny tapi sama aja gak reboot

ko waktu mau di install, Kernel Final Repencis,CWM,Ext-s ga ada yang nongol... ??? gmana tuh ? tolong penjelasannya

maaf kalo pake USB bisa ga yah ka ?

waktu udah di instal atau mau menginstal?

bisa si bisa sis, tapi ntar yang ke format malah HH sis gmn? kan repot harus flash ulang lagi :)

mas aku dh coba cara km tapy knp yah pass aku reboot langkah pertama tiba2 mati ?
cuma ad lambang logo cover ANDROID mas. tolong gimana cara mengatasinya ?

gan seteleah saya pilih deny, knpa ga reboot gan

gan kalau pake yang ini bisa gak MiniTool Partition Wizard Home Edition 8.1.1

gan caramembatalkan nya gimmana hp gue nge reset terus cara membatakan instalanya gimana please bantu

sudah di root tpi gk ad muncul icon ext-s nya?
gmna tu gan?

coba di ulang.. kalo ga muncul lagi coba cari Ext-s di google banyak kok :)

gan file ext nya zip tpi buat galaxy y yang mana

klw buat Samsung Galaxy Young Duos GT-S6102 bisa ga gan, ane coba tapi kernelnya gak bisa-bisa yah

punyaku (g young) di remove all methode ngga reboot....!!!!
HHQ dah Q upgrade pake jellyblast...!!!

semua langkah udh gua ikutin tapi kapasitasnya masih 190 MB gimn tuh?

gan klo bwat nambah ram nya gmna kan internal dah suckses percuma kan klo ram nya kecil

om cardreader nya di ganti pake kabel USB bisa kga

caranya juga sama gak gan

Gan, pas di Ext yang Remove All Methode
kok gamau reboot ya HH nya??

itu sdcard nya keadaan isi aplikasi, apa kosong ,gan ?????

kalau pake sd card yg 4 gb bisa nggak, gan??????
mohon dibalas.......

gan knp ya pas saya instal kernel repencis malah bootlop. keadaan pas pake cusrom jellyblast n ice cold jelly.

coba lagi, mungkin da yang luput gan :)

coba googling gan ^^, tapi kalo ramnya di upgrade ane ga taunggung apa" yah ^^

gini, disitu kan ane bilang. di format ntar ya datanya pasti ilang semua dong ^^

Mau tnya nih,klo gk di flash sma gk pke memory yg class 10 bsa gk ya ditambah memory internal galyoungnya? Emngnya flash itu untuk apa ya kak? Tolong di bls ya.. Mksh^^

bukan mksud ny,sdcard dlm keadaan kosong file ap terisi bberapa file ????

cara ny tahu kalau class 10 gmna ???,indikatorny ap ??^_^

gan pake stock rom bisa ga.????

bang, kalo ga di flash dulu bisa kan?

kak,kok stelah aku install kernel nya kok hp aku malah ada suara aneh dan serem?? terus mati nyala mati nyala????? sebaiknya diapain ya supaya bisa nyala normal lagi???? mohon ya kak bantuannyaaa!!!

kalo ga make class 10 ntar lag gan kalo berasil swap memorynya, flash itu gunanya untuk kembali ke suci gan/ balik ke awal lagi

bisa gan kalo stock romnya cocok, nah kalo kaga? ntar bootlop

tau class 10 tuh memory lihat di mana y???

gan, kalau memory ext2 lebh dari itu apa memang gak bisa? soalnya saya tmbah jd 1GB gak muncul aplikasi ext-s nya.

gan tombol powerku rusak nihhh...gimana donkk solusinyaa???

kalau pake sdcard 8 gb class 10 ,bisa nggk gan ???????????

bang kalau hp ku udah di upgrede ku jelly blast v3 bisa gak

saya juga mengalami hal yang sama gan , sya mw nanya gimana caranya membuka jalan buat super user supaya bisa di jalankan

makasih

gan kalo masalahny kya gini gimana gan???
"samsung home aplikasi(com.sec.android.app.twlauncherproses)berhenti tiba tiba,harap coba lagi"
itu gmana gan cara ngatasinya????
Hp saya galmin gan
mohon bantuanny

gan kalo hp ny nggak di flash, bs gak partisi nya
mohon jawabannya gan

Gan, klo pnya ane udah di root,.!! dan tnpa di Flash & root ulang, bresiko ga.?

gan,punya ane galaxy young gt-s5360 dah di flash dan dah di root, os masih asli ginggerbread tapi kok pas install kernel nya malah bootloop??? mohon solusinya..........

Gan, punya ana udah sukses, internal'a jd 800'an.. tp ko ga bisa buka Galeri yg di sd card, sma ga bisa buka kontak tlp.!!
mohon pencerahan'a.!! hehe.hee.. :D

ga usah panjang lebar cari di google :)

keknya tergantung SD cardnya gan dan dalam membagi mana memory external dan internal

pertanyaan bodoh -_- ya tinggal service dong B-|

saran ane si make yang pure/os awal gan

coba di ulang ulang lagi ato kernelnya cari yang baru, coba buka di forum xda developer

kernelnya biasanya ada yang ga pas gan walopun HH sama , saran ane di flash dan kalo mau coba lagi cari kernel yang cocok

gan, ko instal Ext-snya gabisa sih?
Respon please,

tanpa flash bsa gan ?? .

gini gan, biasanya HHnya ada yang cocok dan ada yang engga, buktinya punya ane, punya ane ga cocok ama yang di atas ntu dan ane coba make HH tmn ane dan cocok di HH doi T_T

gini gan, biasanya HHnya ada yang cocok dan ada yang engga, buktinya punya ane, punya ane ga cocok ama yang di atas ntu dan ane coba make HH tmn ane dan cocok di HH doi T_T

Gan mau nanya, kan menambah internal memorinya sukses(trims) tapi ko ada konten, jadi si Play Store tidak bisa dibuka

Mohon Solusi nya bagaimana gan ..

. maksud nya bersih itu gimana ?bersih dari apa ?
. kalau di root dulu baru di flash bisa nggk ,gan ?

(mohon dibalas)

gan ni pakai Amarullz Script ya? buat di rom miniROM TouchwizUX Inspired v3 bisa ngg?

(mohon dibls)

gan,,, kog g reboot otomatis punyaq,,,

gan mau tanya, kalo itu sdcardnya misalnya yng 8GB harus kosong semua? atau gimana?
mhon balesannya thanks.

bisa gk di kernel merruk

mw tanya gan,, kok ext-s'y gk tampil ya setelah di install?

gan kok pas recovery update use sdcard kog gagal yaa??

knpa tuh gan

tolong balas gan
ps mau update.zip nya masuk ke android recovery nya fail trus.
gmn tuh gan
kasi penjelasan gan

tq

gan kernel nya yg ukuran 11 mb an apa 13 mb an

dah tak coba 2 2 nya tp tetep gak bisa gmn tuh gan ??

gan ada link pass kernel yg cocok gak gan???


gila muter2 cari kernel
di instal malah bootloot semua gan ;(

gan ini gimana sudah aku instal kernelnya koq malah hpq gak bisa hidup :(, soalnya tadi aku memakai 1Gb SD card..

tolng kasih solusinya gan :)
terimakasih

gan ini gimana punyaq sudah aku instal kernelnya,, kq malah gak bisa hidup??
sblmnya aku pke sd card yg 1Gb ..tlong solusinya gan
terimakasih :)
tolng bales gann.. penting !!!

gan punya ane saat di Partisi kq cuma keluar f ama g ya

succes gan.... thanx banget tutor na... ane liat blog sebelah gagal terus... liat blog ini langsung jadi... :D

botlove lagi gan, ni dah ane flash stockrom pdahal.. hadeehhhhhhhhh

gan kok minitool partition wizard nya gak mau di instal ya gan??
jawab ya gan pliss lagi genting nih...!!!

GAN PAS DI BUKA EXT MANAGER NYA UDAH DI PILIH REMOVE ALL METODE ANE PILIH ALLOW KOK GAK ADA REBOOT YA GAN, TOLONG DIBALES YA GAN PLISSS...

masalah ane sama dgn bro yunan, settingan mana yang salah gan??? kalo gitu apa solusi nya gan

This comment has been removed by the author.

gan kalo ROMnya udah di update ke jellybean ngaruh ga gan ? ini bukan tema GO launcher tapi custom ROM gan

bantu pencerahan dong gan. knpa setelah remove all methode tdk reboot sendiri yaa
thanks

mungkin ente salah ngikutin tutorial gan ^^

kalo kek gitu ya balik lagi dari awal dong gan, harusnya flash dulu biar cachenya ilang (bersih) baru di root buat memberi aksesnya ntar

itu di atas ane cantumin kata" di format kan gan? terus suru buat partisi? namanya di format itu kosong ( bersih ) ga ada folder apalah itu..

sama - sama gan ^^ .. pinter agan ini.. NIH BACA BUAT YANG BELOM BISA! JANGAN MENYERAH! JANGAN PUTUS ASA! COBA TERUS POKOKNYA

ente nginstallnya di mana? HH? ampe lebaran monyet juga ga bakal keinstall itu software

terserah agan sih, tapi ane saranin make stok rom aja

unistall aja gan terus cari apknya di google

gan kok semua yang ada di SDCard saya ilang semua ?? bisa di balikin nggak ??

Namanya juga diformat bro... :P Ya Ilang semua.

gan ada tutorial update ke jellybean resmi ?? ada kekurangannya gak ?

gan gimana caranya ngebuka jalan super user biar ngga ada tulisan ext manager has been granted super user permission .
mohon infonya gan :)
ane udah berusaha keras buat ini,,

HH agan apa? kalo ramnya kuat gpp gan make yang resmi.. tapi kalo yang galaxy y 5360 ga bisa gan kalo resmi bisanya cmn tampilannya doang kek jellybean

ini udah di jawab ama agan di atas ^^ , dulu juga perna kek gini.. terus ane tanya ama pembimbing ane.. di kasi tau softwarenya " Get data back " download aja di google banyak

kan kalo udah terinstal super user ntar super usernya ngasi notif ke layar HH agan ada pilihan "Deny atau Allow" pilih allow

mas,, kan saya mau ngeroot dlu tapi pas filenya udah d download dan d letakin d sdcard ,, kok ga ada pas masuk menu recovery,, punya saya gt-s5360 ginger bread

kalo misal gk ush d flash bisa gk????????

punya saya bisa bos,, mungkin ada yang salah,,,

kok gak mau reboot ya pas udah dipilih Remove All Methode atau Install Amrullz di Ext Managernya?

ane mau hapus ext managernya kyk mna gan..?
ane mau kembaliin hp ane kyk semula...

gan knapa gk bisa diinstal ext-s nya di hp???mohon di bantu!!!

yang ke instal itu cman super user doangg!!!!mohon dibantu!!!

Mantap kali bro, 1000% berhasil - gimana kalo untuk samsung galaxy ace 5380, kalo ada mohon di share. trims ya bro. Good luck

Gak bisa partisi pake 4gb gan? ribet banget -_-

ext nya gga mau kbaca ni.,
gga nampil lg di dekstopnya.,?
solusinya dong

mas kalo menambah memory dgn cara kya gt aplikasi yg sudah ada bakal kehapus ga?>

gaaan mohon pencerahannya doong T.T tetep ga muncul icon ext-s nya udah download dan cari banyak bgt di google.. pdhl di memorynya udah ada folder EXT manager.. gimana ya gan u.u

sy dah install ext. tapi kenapa tidak keluar di hp sy? macam mana nak buat nie...?

Maaf gan,,mw nany,,clo SD Card yg tdi tu dihpus,,,data kita yg ad di sd card hilang gk?,,
mhon pnjlsannya,,
thx

kenapa tidak mau masuk di sistem operasi setelah install Amarullz?? solusi dong

gan.. kalo partisi nya lewat CWM aja ga pake partition wizard bisa ga ?

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 209   Newer›   Newest»


EmoticonEmoticon